Sabtu, 13 Maret 2010

Obat baru untuk kutu rambut

Pada tanggal April 9, 2009, ini U.S. Food and Drug Administration telah menyetuji obat resep baru untuk mengobati kutu rambut (Pediculosis capitis). Lotion Benzyl Alcohol 5%, telah mendapat ijin edar sebagai obat resep yang dapat digunakan oleh pasien dengan umur 6 bulan dan ke atas.

Lotion Benzyl Alcohol 5%, merupakan produk kutu rambut pertama yang disetujui FDA dengan benzyl alcohol sebagai bahan aktif farmasi.

“Kutu rambut merupakan masalah terhadap lebih dari 1 juta anak tiap tahunnya dan sangat mudah untuk ditularkan di antara merek,” demikian diungkapkan oleh Janet Woodcock, M.D., direktur, Center for Drug Evaluation and Research. “Obat ini terbukti aktif dan merupakan kategori pilihan terapi utama untuk menghilangkan kutu dan meminimalkan penyebarannya.”

Keamanan dan efektivitas Lotion Benzyl Alcohol 5%, telah ditunjukkan melalui 2 buah studi yang melibatkan 628 orang, usia 6 bulan dan ke atas, dengan manifestasi kutu rambut padanya. Para pasien mendapat terapi selama 10 menit menggunakan Benzyl Alcohol Lotion. Setelah hari ke-14, lebih dari 75% subyek yang diterapi dengan lotion tersebut telah bebas dari kutu rambut.

Efek samping yang muncul adalah adanya iritasi pada kulit, kulit kepala, dan mata dan mati rasa pada lokasi pemberian. Seperti halnya dengan obat-obat lain, maka penggunaan benzyl alcohol 5%, henaknya mengikuti petunjuk yang diberikan guna mendapatkan manfaat maksimal dan resiko yang minimal. Produk tersebut harus diberikan pada kulit kepala atau rambut yang melekat pada kulit kepala. Namun untuk anak-anak di bawah 6 bulan tidak diperbolehkan. Juga untuk bayi yang prematur, dapat menunjukkan adanya permasalahan yang serius seperti gangguan pada pernafasan, jantung hati dan otak, yang dapat berakibat kepada kejang, koma, bahkan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar