Sabtu, 13 Maret 2010

Penyakit & Gangguan

Pada bagian ini akan dibahas berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan secara khusus. Kemudian akan dilanjutkan dengan informasi terbaru mengenai masing-masing topik yang akan dibahas.

Pada tahap awal ini yang akan dibahas lebih lanjut adalah mengenai:

1. ASMA

Asma merupakan penyakit paru kronis yang disebabkan karena saluran pernafasan membengkak dan saluran udara menyempit, dan membuatnya lebih reaktif terhadap bahan-bahan tertentu yang masuk ke dalam nafas. Asma menyerang kepada seluruh umur, namun yang paling sering terjadi sejak masa kanak-kanak. Penyebab asma belum diketahui secara pasti.

Asma menyebabkan nafas menjadi berdesing (wheezing), dada sesak, nafas pendek-pendek dan batuk. Batuk yang muncul lebih banyak terjadi pada malam hari atau awal pagi hari. Kadang-kadang simptom yang ada tidak seberapa dan akan hilang hanya dengan perawatan minimal dengan obat asma. Pada waktu yang lain, simptom berkelanjutan hingga bertambah parah. Ketika simptom bertambah parah dan atau adanya simptom lain, ini dikatakan sebagai serangan asma.

Adalah hal yang sangat penting untuk memberikan pengobatan pada asma begitu adanya gejala asma diketahui. Hal ini akan mencegah simptom menjadi lebih parah dan mencegah adanya serangan asma yang berat. Serangan asma berat memerlukan perawatan darurat dan dapat menyebabkan kematian.

Asma akan didiagnosa berdasarkan riwayat medis, uji fisik, dan hail dari beberapa tes. Asma sulit untuk didiagnosa pada anak-anak di bawah 5 tahun. Saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan asma .

Asma merupakan penyakit jangka panjang dan memerlukan perawatan jangka panjang juga. Perawatan asma yang berhasil memerlukan peran aktif dari penderita. Pelajari bagaimana mengendalikan asma mu, lakukan perawatan berjalan, dan penderita harus memperhatikan tanda-tanda asma yang dapat menjadi lebih parah.

Tujuan dari pengobatan asma adalah untuk mengendalikan penyakit yang diikuti dengan rencana perawatan antara pasien dengan dokter. Minum obat yang telah diberikan dokter dan pelajari hal-hal yang dapat membuat asma bertambah parah dan hindari hal-hal yang kemungkinan dapat menimbulkan asma, pelajari pengendalian asma dan respon secara cepat begitu ada tanda asma atau asma menjadi memburuk.

Asma diobati dengan 2 tipe obat: obat pengendali jangka panjang dan obat bereaksi cepat. Penggguaan peralatan inhalasi dapat digunakan untuk merawat asma. Alat ini akan membuat obat langsung dapat diserap oleh paru.

Lakukan penelusuran asma dengan merekam simptom asma, gunakan peak flow meter, dan lakukan pemeriksaan asma secara rutin. Kebanyakan penderita asma dapat menangani penyakitnya. Mereka hanya memiliki sedikit simptom dan dapat hidup normal serta aktif. Berikut beberapa penelitian dan informasi perkembangan mengenai asma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar