Selasa, 16 Maret 2010

Rontgen Saat Hamil

Bagaimana pengaruh rontgen terhadap janin dikehamilan muda?

rontgen ibu hamilTanya:

Ibu tolong infonya bagi yang punya pengalaman rontgen saat hamil. General check up dikantor, sesuai prosedur selalu ada rontgen. Oleh karena belum telat ya orangnya santai-santai saja tidak tahunya sudah hamil waktu di rontgen itu. Bagaimana ya bu, pengaruhnya rontgen tenhadap janin yang masih berumur muda ini. Soalnya teman kantor ada yang diterusin saja hamilnya dan alhamdulillah sehat tidak kurang suatu apa bayinya, sementara ada teman kantor lain yang diminta langsung menggugurkan kandungannya sama dokternya begitu diketahui dia rontgen saat hamil. Terima kasih [Al]

Jawab:

Hal ini juga terjadi padaku saat hamil anak ke 3, waktu usia kehamilan sekitar 3 minggu aku di rontgen (medical check up), terus terang waktu pertama hamil aku khawatir sekali, tapi kata DSOGnya tidak apa-apa, soalnya masih awal sekali, Alhamdulillah 28 Mei anakku lahir selamat, sampai saat ini dan semoga saja sampai seterusnya perkembangannya normal [Yn]

Sama dengan pengalamanku. Waktu menjalani rontgen paru-paru (program wajib pemerintah belanda bagi warga baru), aku sudah hamil 3 minggu tapi tidak merasa sama sekali kalau pada akhirnya aku hamil (7 tahun menikah tidak hamil). Nach, usia 8 minggu kehamilan, dokter mengatakan aku harus menggugurkan janinku karena pertumbuhan sang janin yang tidak sempurna. Namun, aku tetap bersikeras agar janin ini boleh terus berkembang di rahimku apapun hasilnya aku bersedia menanggungnya. Dokter kandunganku akhirnya memberikan surat rujukan supaya aku diperiksa di Leiden Universiteit. Pada usia 10 minggu kehamilan, aku menjalani pengambilan cairan ketuban dan plasenta. Hasilnya, bagus, aku bisa meneruskan kehamilanku dan janinku sehat- sehat saja. Sampai sekarang, anakku bertumbuh sebagai anak yang sehat. Jadi, semuanya kembali kepada hati nurani sang bunda, rela tidak untuk menggugurkan janinnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar